Cara Cek Valid atau Tidaknya NIK Melalui Website Resmi DUKCAPIL

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.


Salam semangat buat kita semuanya, pada postingan kali ini admin ingin berbagi informasi mengenai Cara Cek Valid atau Tidaknya NIK. Cek NIK ini sangat diperlukan terkhususnya bagi rekan-rekan yang ingin mengikuti Tes CPNS 2018. Silahkan disimak informasi berikut

 pada postingan kali ini admin ingin berbagi informasi mengenai Cara Cek Valid atau Tidakn Cara Cek Valid atau Tidaknya NIK Melalui Website Resmi DUKCAPIL

Berikut ini penelusuan admin  pada situs web kemendagri.go.id  tentang Cek Identitas Buka Saja Laman Resmi Dukcapil Bukan Aplikasi Cek KTP sejak tahun 2016, berikut kutipan informasinya: 

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membuka layanan cek KTP melalui website resminya di www.dukcapil.kemendagri.go.id. Dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kita bisa melihat data Kependudukan sesuai dengan KTP masing-masing. 

Pengecekan NIK tersebut hanya bisa dilihat memalui website, aplikasi smartphone bernama cek KTP, bukanlah aplikasi resmi pemerintah sehingga datanya tidak valid. Kata Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arip Fakrulloh, Selasa (29/3).  

Beliau juga memastikan data yang dipakai aplikasi pada telepon pintar itu bukan berdasarkan data Kemendagri sehingga wajar masyarakat tak menemukan identitasnya disana. Zudan menambahkan, informasi ini perlu disampaikan kepada publik, karena banyak keluhan dari masyarakat terkait ketidakakuratan aplikasi tersebut. Selain itu apalikasi tersebut dinilai tak memperbaharui data, makanya banyak orang dengan NIK KTP El tak terbaca di aplikasi tersebut. "Misalnya, penduduk yang baru memiliki KTP El, lalu mereka memasukkan NIK mereka di aplikasi tersebut, maka tidak akan keluar identitas mereka, karena mungkin saat aplikasi ini dibuat usia mereka belum sampai 17 tahun, " ujar Zudan. 


Sumber: kemendagri.go.id

Berikut ini  Cara Cek Valid atau Tidaknya NIK Melalui Website Resmi DUKCAPIL:

1. Silahkan klik link berikut ini:  http://dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik


Website Resmi dukcapil.kemendagri.go.id


2. Masuk pada halaman Cek Status NIK, silahkan isikan NIK anda sesuai dengan di KTP/KK. Lalu klik tombol "Cek". 

Apabila hasilnya muncul 'Error' seperti dibawah ini, barangkali pada saat kita cek NIK waktunya kurang tepat, maksudnya cek lah NIK di waktu-waktu orang sudah tidak mengakses cek NIK itu lagi seperti malam hari - tengah malam. Error seperti dibawah ini muncul karena admin cek NIK nya pada saat orang lagi sibuk kerja alias pagi-sore hari. 

 pada postingan kali ini admin ingin berbagi informasi mengenai Cara Cek Valid atau Tidakn Cara Cek Valid atau Tidaknya NIK Melalui Website Resmi DUKCAPIL


Untuk hasilnya berhasil seperti apa, pada postingan ini admin belum bisa menampilkannya,,, Nanti kalau sudah berhasil validasinya akan admin share disini. 


Terimakasih buat perhatiannya, atau bagi rekan-rekan yang telah berhasil check NIK nya boleh share juga disini, caranya komen pada kolom komentar dibawah ini. Agar kita bisa membantu satu sama lain. Salam semangat dan berbagi informasi... 




Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 Response to "Cara Cek Valid atau Tidaknya NIK Melalui Website Resmi DUKCAPIL"

Post a Comment