Solusi Menghemat Baterai Smartphone

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Salam semangat buat semuanya, Smartphone rata-rata semua orang telah memilikinya. Dimanapun, kapanpun alat yang satu ini tidak bisa terlepas dari genggaman tangan setiap orang. Oleh karena itu, terlalu sering dan lama menggunakan smartphone akan menyebabkan baterai cepat habis atau melemah. Namun, pada postingan kali ini admin tidak akan membahas kenapa baterai smartphone cepat habis selain karena sering digunakan... Tapi pada kali ini admin akan membahas Solusi Menghemat Baterai Smartphone agar sewaktu perjalanan jauh kita tidak khawatir baterai smartphone cepat habis. 

 kapanpun alat yang satu ini tidak bisa terlepas dari genggaman tangan setiap orang Solusi Menghemat Baterai Smartphone
Gambar. Baterai Smartphone Melemah

Silahkan disimak beberapa tips berikut ini:

1. Aktifkan Airplane Mode
Airplane Mode ini salah satu cara jitu agar semua aplikasi seperti Bluetooth, semua sinyal radio, WiFi akan langsung dimatikan. 

2. Tutup Aplikasi yang Jarang di Pakai. 
Tips selanjutnya yang dapat kita lakukan yaitu dengan menutup semua aplikasi yang jarang dipakai. Karena aplikasi itu tetap berjalan di background, walau kita tidak menggunakannya. Berjalan di background berarti tetap memerlukan daya pemrosesan. Sebaliknya, seperti yang dilansir dari tekno.kompas.com jangan tutup aplikasi yang sering digunakan karena ini malah berpotensi memboroskan baterai. Saat sebuah aplikasi dimatikan, data-data program bersangkutan dihapus dari memori (RAM). Ketika aplikasi itu dipanggil lagi, perangkat terpaksa memanggil ulang data-data yang diperlukan dan menyimpannya di dalam RAM. Ini membutuhkan pemrosesan sistem dan otomatis baterai juga akan terkuras. 

3. Redupkan Layar 
Semakin cerah tampilan layar, maka semakin cepat baterai habis. Oleh karenanya redupkan lah layar apabila sedang tidak digunakan. 

4. Kurangi Kegiatan Streaming
Menonton video atau mendengarkan musik via streaming memang mengasyikkan tapi kegiatan ini akan memaksa sistem ponsel terus bekerja dan akhirnya membuat baterai cepat habis. Trus solusinya agar bisa nonton video dan dengarkan musik? Caranya kita tinggal download video atau musik tersebut sebelum kita bepergian. Selanjutnya kita bisa mengakses video dan musik secara offline tanpa harus memaksa sistem ponsel untuk bekerja. 

5. Matikan Fitur Getar (Vibrate)
Ternyata, fitur getar membutuhkan daya baterai lebih banyak dibandingkan ringtone biasa. Berdasarkan fakta tersebut, apabila pengguna sedang tidak membutuhkan fitur ini, sebaiknya matikan fitur getar yang ada di smartphone

6. Matikan Sinyal Radio (Data Seluler)
Barangkali hal ini sering kita abaikan, ternyata ketika kita berada didaerah tertentu yang tidak memiliki koneksi jaringan alias kehilangan sinyal, sistem smartphone biasanya akan terus mencari koneksi terbaik. Pencarian sinyal secara terus-menerus dapat membuat baterai habis dengan cepat. Oleh karena itu, sebaiknya matikan saja sinyal radio jika tidak akan mendapatkan sinyal dalam beberapa waktu. 

7. Gunakan Aplikasi yang Ringan
Maksudnya gunakannlah aplikasi yang ringan untuk diakses. Seperti Facebook lite, aplikasi seperti ini bisa menghemat baterai. Oleh karena itu, gunakan lah aplikasi seperti ini agar smartphone bisa hidup lebih lama. 

Sumber: kompas.com

Demikianlah beberapa Solusi untuk menghemat baterai smartphone, simple dan mudah kan... Mungkin cara ini sudah sering kita gunakan atau malah diabaikan. So, kita harus bijak dalam menjaga smartphone agar tahan lebih lama. 

Semoga bermanfaat informasinya dan terimakasih. ..




Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 Response to "Solusi Menghemat Baterai Smartphone"

Post a Comment