Sssst..... Inilah Rahasia Cepat Mengerjakan PMP 2018

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Sssst..... Inilah Rahasia Cepat Mengerjakan PMP 2018 - PMP adalah Pemetaan Mutu Pendidikan yang bertujuan untuk melakukan record kondisi setiap sekolahan secara cepat dengan menggunakan aplikasi yang menjadikan aplikasi dapodik sebagai sumber datanya. Data-data yang diambil dari dapodik oleh aplikasi PMP yaitu data PTK (guru dan tenaga kependidikan) dan data siswa. Tujuan pengambiln data ini hanya untuk dijadikan sebagai user pada aplikasi PMP yang nantinya memiliki kewajiban mengisi kuisioner PMP.

Dalam pengerjakan aplikasi PMP 2018 ini, yang harus mengisi kuisioner yaitu :

  • 1 kepala sekolah
  • 8 guru
  • 1 pengawas
  • 3 komite
  • dan 15 siswa
Waduh, kalau kuisioner ini semuanya dikerjakan oleh operator sekolah bisa makan waktu lama dan pastinya bikin capke deh.....

Mengenai cara pengerjaan aplikasi PMP 2018 sudah saya share pada aplikasi sebelumnya 


Namun cara pengerjaan tersebut merupakan cara pengerjaan biasa-biasa saja. Tentunya, anda seabgai OPS ingin cara yang diluar kebiasaan. Tujuannya tidak lain agar pengerjaan aplikasi PMP menjadi lebih cepat. Dengan semakin cepatnya pengerjaan aplikasi PMP, maka anda memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya.

2 Cara Cepat Mengerjakan PMP 2018

Oke, langsung saja. Saya rekomendasikan 2 cara untuk mengerjakan PMP 2018 secara cepat. Silakan anda pilih yang mana yang kira-kira menurut anda baik. Perlu anda ketahuji juga, tentunya dari kedua cara ini semuanya tidak direkomendasikan oleh LPMP. Dalam mengerjakan atau mengisi kuisioner PMP, LPMP menginginkan diisi secara normal atau manual oleh masing-masing responden.

Cara Cepat Dengan Melakukan Update Aplikasi PMP 2018

Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya. Kebetulan saya mengerjakan aplikasi PMP lebih dari satu sekolah, jadi saya bisa melakukan uji coba dengan cara beragam pada aplikasi PMP 2018. Uji coba pertama yang saya laukan adalah dengan cara mengupdate aplikasi PMP versi sebelumnya.

Dengan catatan, aplikasi PMP sebelumnya belum anda hapus. Nah, jika aplikasi PMP tahun sebelumnya belum anda hapus anda tinggal melakukan update aplikasi dengan menginstal Updater Aplikasi Pemetaan PMP Versi 2018.05. 


Dengan melakukan update aplikasi, semua data kuisiner aplikasi versi sebelumnya tidak hilang. Ketika anda selesai mengupdate data dan login pada aplikasi PMP, maka data sudah terisi 100%. Itu artinya, anda sudah bisa langsung mengirim data PMP 2018 tanpa harus mengisi ulang kuisioner. Kelemahan dari cara ini, pada status pengerjaan warnanya menjadi abu-abu (hitam putih), berbeda jika dikerjakan dengan cara normal maka pada status pengisian data menjadi warna-warni.

Cara Cepat Dengan Menggunakan Aplikasi PMP Faster

Jika anda tidak puas dengan cara mengupdata aplikasi karena pada status pengisian data tidak warna-warni (suram/tidak ceria), maka anda harus mengerjakannya dengan cara normal. Tenang, cara normal juga bisa dipercepat. Hmmm.... mungkin lebih tepatnya "kelihatan normal" kali ya. Kelihatannya normal padahal cara mengerjakannya super tidak normal.

Mengisi kuisioner dengan aplikasi PMP faster bisa dikatakan lebih tidak normal dibanding dengan menggunakan cara update aplikasi. Sebab kenapa?

Data isian kuisioner diisi dengan menggunakan teknologi robotik, sehingga anda sendiri tidak tahu kuisioner apa saja yang diisi dan seperi apa isinya. Yang anda tahu, secara tiba-tiba (ujug-ujug) pengisin data sudah sudah 100%. Wow.....

Makanya, cara pengerjakan aplikasi PMP 2018 dengan menggunakan PMP Faster ini sangat tidak direkomendasikan oleh LPMP, bahkan bisa dikatakan mungkin dilarang keras. Karena jika semua sekolah di Indonesia mengerjakan aplikasi PMP dengan menggunakan PMP Faster, maka hasil pemetaan mutu pendidikan semua sekolah diseluruh Indonesia akan seragam. Hal ini terjadi karena isian kuisioner tidak diisi sesuai kondisi real di sekolahan masing-masing, tapi sesuai selera si pembuat apliaksi PMP Faster.

Nah, apakah anda masih mau menggunakan aplikasi PMP Faster? Kalau masih tetap ngeyel ingin menggunakan aplikasi PMP Faster, silakan searching aja deh di google. Banyak ko blog operator sekolah yang share aplikasi ini berikut tutorial cara penggunannya. 

Sumber http://mangwaskim.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 Response to "Sssst..... Inilah Rahasia Cepat Mengerjakan PMP 2018"

Post a Comment