Penting! Cek Keabsahan NIK Peserta Didik Sebelum Januari 2019 Berikut Alternatif Cek Valid atau Tidaknya NIK

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Salam semangat buat seluruh Guru serta rekan-rekan Operator Sekolah, terkhusus buat rekan Operator Sekolah di waktu liburan akhir semester ini harus tetap stand by dengan Aplikasi Dapodik. Kenapa demikian?


Salam semangat buat seluruh Guru serta rekan Penting! Cek Keabsahan NIK Peserta Didik Sebelum Januari 2019 Berikut Alternatif Cek Valid atau Tidaknya NIK


Berdasarkan Informasi seputar Dapodik, terdapat satu point yang segera mungkin rekan Operator Sekolah harus menyelesaykan data tersebut menjelang Januari 2019 ini dansudah dipastikan Valid. Apa point itu? 

Baca Juga : Informasi Penting Seputar Dapodik, DHGTK dan Absensi Finger Print

Penting!!!

Yaitu NIK Peserta Didik harus sudah sesuai dengan dukcapil karena Didapodik tahun 2019 kolom NIK tidak diinput atau tidak sesuai dengan dukcapil maka data akan di Invalidkan. Sebelum tanggal 26 Desember 2018 isian NIK harus segera diselesaykan dan jangan sampai salah. 


Oleh karena itu, diharapkan kepada rekan-rekan OPS untuk memastikan ke validan NIK Peserta didik agar Dapodik tahun 2019 mendatang tidak ada masalah lagi atau terjadi Invalid data. 

Melalui postingan kali ini, admin ingin membantu rekan-rekan OPS agar pekerjaan dalam cek keabsahan NIK Peserta Didik dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. 

Bagaimana Solusinya?, silahkan simak informasi berikut ini:


Solusi 1: Mengumpulkan Kartu Keluarga Peserta Didik

Cara ini tergolong efektif, tapi permasalahannya sekarang suasana lagi liburan mau tidak mau Operator Sekolah harus memeriksa keabsahan data Peserta Didik.

Kendalanya setelah penginputan data Peserta Didik, Kartu Keluarga PD pasti sudah di arsip lagi di sekolah gak mungkin kan OP kembali lagi ke sekolah untuk ambil dokumen tersebut. Tapi, kalau bagi OP yang dokumen KK PD masih ada di rumahnya ya gak susah lagi kan untuk langsung periksa NIK PD yang sudah di Input kemaren di Dapodik.

Terus, Bagaimana dengan OP dokumen PD sudah tidak ada lagi di rumahnya. Eits, jangan khawatir karena masih ada beberapa solusi yang dijamin dapat mempermudah dan mempercepat pengerjaan pengecakan data NIK Peserta Didik. 


Apa solusinya, silahkan simak lagi ya.... 


Solusi 2 : Pengecakan NIK Menggunakan Aplikasi yang Terinstal di Smartphone

1. Apabila aplikasi CEK KTP Elektronik belum terinstall di smartphone, silahkan download dan install aplikasi CEK KTP Elektronik tersebut. 

Caranya: Silahkan buka Playstore> Ketikkan Cek KTP Elektronik > Apabila sudah tampil aplikasi tersebut, silahkan di download dan install. 


Salam semangat buat seluruh Guru serta rekan Penting! Cek Keabsahan NIK Peserta Didik Sebelum Januari 2019 Berikut Alternatif Cek Valid atau Tidaknya NIK



2. Jika sudah terinstall, silahkan buka aplikasi Cek KTP Elektronik > Masuk di aplikasi tersebut > Klik Cek KTP. 





3.  Pada halaman Cek KTP Elektronik > Masukkan NIK atau Nomor KTP Peserta Didik > Klik tombol Cek KTP.





4. Apabila NIK atau Nomor KTP valid, maka data PD tersebut akan muncul seperti gambar di bawah ini. Dan sebaliknya, silahkan periksa lagi NIK Peserta Didik. 






Periksa NIK Peserta Didik di Aplikasi Dapodik PAUD. 


Salam semangat buat seluruh Guru serta rekan Penting! Cek Keabsahan NIK Peserta Didik Sebelum Januari 2019 Berikut Alternatif Cek Valid atau Tidaknya NIK




Admin merasa solusi ke 2 ini sangat membantu rekan OPS semuanya, apabila masih belum bisa silahkan coba solusi ke -3. Tapi, solusi berikut ini gak di jamin bisa akses ya... Kenapa? silahkan simak informasi berikut ini. 
Solusi 3 : Pengecakan NIK Melalui Website Resmi dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik


Pengecekan NIK (Nomor Induk Kependudukan) juga dapat dilakukan secara online melalui website resmi dukcapil.kemendagri.go.id, bagaimana caranya? Silahkan simak informasi berikut ini:


Baca : Cara Cek Valid atau Tidaknya NIK Menggunakan Website Resmi dukcapil.kemendagri.go.id


Namun, hingga saat ini pengecekan NIK melalui website tersebut tidak bisa dilakukan karena sedang di nonaktifkan, berikut ini penjelasannya. 


Baca : Penyebab dan Solusi Website Resmi dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik Tidak Bisa Digunakan untuk Pengecekan Valid atau Tidaknya NIK



Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga dapat bermanfaat buat rekan-rekan semuanya. Salam semangat dan salam satu data. 





Sumber https://secercahilmu25.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

0 Response to "Penting! Cek Keabsahan NIK Peserta Didik Sebelum Januari 2019 Berikut Alternatif Cek Valid atau Tidaknya NIK"

Post a Comment